Kamis, 31 Oktober 2013

Maket Istana Bogor II

Maket Istana Bogor Lagi?
Seperti yang disebutkan  sebelumnya STAN ada acara tahunan untuk memperkenalkan budaya yang dimiliki suatu daerah. Nah kebetulan tahun 2012 ditunjuk lagi jadi PJ maket dan dimintanya maket/miniatur istana bogor lagi karena yang dulu mengerikan. 
Mengapa mengerikan? Ketika acara HOE (acara budaya) selesai, tibalah waktu ane untuk kuliah dan ane duduk di samping temen deket pertama ane semenjak kuliah. Tiba-tiba dia ngajak ngobrol dan bilang "je kmaren ada maket ya di bogor?" trus ane langsung nnya emg maketnya kenapa dan dia pun menjawab dengan woles "maketnya jelek!" tanpa tau yang bikin maketnya adalah ane sampe begadang dan dibantuin sama temen-temen organisasi daerah ane. hmm.. Nah gara-gara itu ane ga mau pake maket yang lama dan ane membuat penebusan untuk membuat maket baru yang lebih ........... lebih dapet feelnya, lebih wow gitu, dan lebih memberikan gairah (nada seniman atau orang curhat).

Trus apa bedanya?
Bedanya adalah disini material gedungnya ga pake karton lagi tp jadi kayu kaya stik es krim, tusuk gigi, dsb. Trus untuk pembuatan maket ini ane ga mau dibantu sama temen-temen ane padahal jujur aja ane padahal butuh bantuan banget tapi apa daya karena waktu lalu dibantuinnya hasilnya bnyk yang kurang teliti misalnya kaya motong kartonnya kelebihan 0,1 cm atau bahkan lebih, takutnya nnti malah susah pas mau nyatuin antara satu part dengan part lainnya. Oleh karena itulah, ane akhirnya memilih untuk ga minta bantuan walaupun pada akhirnya bokap tiba-tiba bantuin ngewarnain gedung pake pilok dan bikin kubah emasnya padahal ane ga minta.
Setengah jadi
Tahap yang paling susah?
Tahap yang di atas kurang lakinya (kurang nantang) soalnya tinggal potong sama nempel aja, yang lama paling waktu ngukur skala sama nunggu lemnya kering. Trus tahap yang susah apa? Tahap tersulit adalah tahap dimana ngerjainnya bisa sampe sekitar 2 bulan dan 1 bulan terakhir sebelum hari H ane harus bangun subuh, abis shalat ngerjain lagi, kuliah dulu, balik kuliah ngerjain lg smpe tgh malem, trus tidur, bangun dan diulangi lagi smpe badan rasanya udah ga enak itu adalaaaaaah 'Masang Genteng'

Masang Genteng? maksudnya masang genteng? maksudnya adalah bikin gambar setengah jadi di atas jadi ada gentengnya dan gentengnya harus dibuat dulu pake sejenis busa yang digambar pake pulpen. Susah darimananye? susahnya adalah karena gentengnya itu kuantitasnya banyak dan ukuran gentengnya kecil sampe-sampe kalo bikinnya kelebihan 0,1 cm atau bahkan 0,05 cm aja bisa bikin gentengnya keliatan miring. Tapi perjuangan pasti ada hasilnya ko, setelah berjuang cukup panjang akhirnya jadi juga ini miniaturnya dan bahkan selesai lebih cepet dari yang tahun lalu karena ane ga perlu begadang lagi hasil jadinya cukup memuaskan bagi ane. 

Maket istana bogor
Miniatur Istana Bogor
Tampak Samping dan Tampak Atas
NB: Desember--April waktu yg cukup lama buat bikin maket ini karena miniatur ini bukanlah sebuah tugas dan lebih prefer kuliah sesuai matkul spesialisasi akuntansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar